Jangan jadikan COPAS (Copy-Paste) sebagai budaya ! ! !
Pin It

Tempat Tujuan Wisata Favorit di Sigli

5comments

Gua Tujuh Pidie
Nanggroe Aceh - Sigli adalah ibukotanya kabupaten pidie dan sebagai kota terbesar di kabupaten pidie, provinsi Aceh. Sigli terletak dijalur yang sangat strategis yang dilalui oleh jalan raya Banda Aceh-Medan sebagai jalur transportasi darat Aceh serta jalur laut yang berada di Samudera Hinda atau berbatasan langsung dengan selat malaka yang pernah menjadi jalur transportasi perairan internasional. Oleh sebab ini masyarakat pidie suka berdagang dan merantau ke luar Aceh bahkan sampai mancanegara dan bahkan menjadi warga negara disana.  Maka tidak heran jika orang pidie dijuluki dengan “cina hitam” dalam artian mempunyai kesamaan karakter antara orang Pidie dan Cina. Di Sigli pernah didirikan stasiun kereta Api terbesar di Aceh pada tahun 1960-1970 yang sekarang masih menyisakan gedung yang tidak beroperasi lagi.

Di daerah ini juga banyak didapati tempat-tempat tujuan wisata favorit di Aceh, bahkan diantaranya ada yang dibenci masyarakat Aceh. Kenapa?

1. Air Terjun Tangse

Air Terjun


Objek wisata ini letaknya di Gampong Meuriya, kecamatan Tangse. Jalur lintasan Sigli-Meulaboh atau jalur yang dikenal dengan jalan geumpang menjadi jalur utama untuk ke objek wisata ini. Sebuah jalur singkat dari Sigli menuju ke Meulaboh yang kerap longsor di musim hujan. Tidak hanya masyarakat pidie saja yang datang melancong ke objek wisata ini tapi juga masyarakat Aceh lainnya terutama mereka yang berada di Meulaboh. Objek wisata ini telah membantu perekonomian warga sekitar yang berjualan disekitar lokasi, walaupun demikian masih belum mendapatkan wahana-wahana yang bisa dijadikan penunjang pariwisita sehingga pengunjung hanya bisa menikmati air terjun sambil berenang atau mengunyah jagung bakar yang mempunyai cita rasa sendiri.

2. Air Panas Pulo Seunong

Wisata Air Panas


Objek wisata ini terletak di Gampong Seunong Kec. Tangse. Tangse memang terkenal dengan uap buminya sehingga daerah ini dari kejauhan sudah berkabut-kabut. Rasa sejuk dan segar sudah terasa ketika kita baru menaiki jalan menuju ke Tangse maka warga sekitar sering memanfaatkan uap bumi sebagai penghangat bandan. Untuk mencapai ojek wisata ini harus menempuh rute yang lumayan jauh dengan melewati persawahan yang mengelilingi perkampungan penduduk. Dapat dibayangkan bagaimana keindahan alamnya sehingga para pengunjung tidak merasa letih, dan ini terbukti yang setiap saat objek wisata ini selalu didatangi pengunjung.

3. Arung Jeram

Arung Jeram


Tentu ini merupakan wisata khusus bagi para pecinta olahraga arung jeram dan tentu saja bagi orang-orang yang mempunyai nyali dan disarankan bagi orang-orang yang lemah jantung untuk menjauhi tempat ini. Objek wisata arung jeram Tangse ini menyusuri sungai Tangse-Geumpang yang berbatu dan berarus deras. Objek wisata arung Jeram ini merupakan yang paling ekstrem diantara beberapa yang lain di daerah Aceh dan di Indonesia. Para wisatawan arung jeram mancanegara juga telah membuktikan nyalinya disini.

Tidak hanya tempat khusus itu saja yang membuat suatu tempat tujuan wisata favorit, tapi sepanjang jalan menuju ke daerah Tangse membuat siapa saja betah berlama-lama di daerah ini. Pemandangan alamnya dan uap buminya akan memberikan paket bonus yang sangat istimewa. Pernah menguapi tubuh langsung dengan uap bumi? Jika tidak Anda harus melakukannya dan uap bumi di daerah tangse ini menurut info dari para penduduk bisa menyembuhkan penyakit.

Share this article :

+ comments + 5 comments

Anonymous
November 5, 2012 at 2:03 PM

pengen nih menguap2 diri disana...,,, hehehe

November 5, 2012 at 2:21 PM

wisata arung jeram... boleh juga tuh...!!!
eh lokasinya jauh gak dr jalan utama..??

November 5, 2012 at 3:04 PM

@Anonim
kalau gitu, apa lagi yg ditunggu2...silahkan kunjungi tempatnya dan dijamin Anda pasti puas..:)

November 5, 2012 at 3:07 PM

@Affandi

hmmm,,, tidak terlalu jauh dan jalur kesana pun mudah ditempuh! pokok`a Anda tidak akan kecewa..!! :)

Post a Comment

 
Copyright © 2013. Nanggroe Aceh - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger
DMCA.com