Jangan jadikan COPAS (Copy-Paste) sebagai budaya ! ! !
Pin It

Upacara Adat Perkawinan di Aceh Utara IV

3comments


Upacara Adat Perkawinan Aceh
Ini adalah bagian yang terakhir dari serangkaian upacara yang dilakukan dalam  Upacara Adat Perkawinan di Aceh Utara IUpacara Adat Perkawinan di Aceh Utara IIUpacara Adat Perkawinan di Aceh Utara III.
Upacara perkawinan pada masyarakat Aceh merupakan serangkaian aktivitas yang terdiri dari beberapa tahapan, mulai dari pemilihan jodoh (suami/istri), pertunangan hingga upacara peresmian perkawinan. Dikarenakan Aceh adalah daerah yang kental dengan keIslamannya, khususnya kota Lhokseumawe yang notabene adalah daerah pusat pemerintahan Kerajaan Samudera Pasai sebagai Kerajaan Islam terbesar di Asia Tenggara sekaligus Kerajaan Islam pertama di Asia Tenggara pada abad ke-13 M.
Dari serangkaian upacara perkawinan di kota Lhokseumawe tidak jauh berbeda dengan suku Aceh lainnya bahkan nyaris tidak terlihat perbedaan. Namun, ada tahapan-tahapan adat dalam upacara perkawinan yang ditinggalkan seiring Lhokseumawe beralih dari kabupaten Aceh Utara menjadi sebuah kotamadya yang maju dan dihuni oleh berbagai macam perbedaan latar belakang kehidupan.Tanpa terlepas dari itu semua ada sebuah permasalahan tentang adat dalam upacara perkawinan di Aceh Utara maupun di kota Lhokseumawe yang sangat menarik dan sengaja tidak dibahas di atas oleh penulis karena tidak menemukan sumber yang jelas atau masih menjadi sebuah misteri. Masalah itu adalah: lelaki yang telah menikah dan menikah lagi ketika dalam prosesi intat linto dia masuk kerumah mempelai perempuan melalui pintu belakang. Penulis pernah menanyakan ini kepada beberapa pihak, tapi belum ditemukan alasan yang jelas mengenai masalah adat ini.

Share this article :

+ comments + 3 comments

December 10, 2012 at 6:02 PM

subhanalloh...
info yang sangat bermanfaat..
mohon upload artikel budaya Aceh Nanggroe Darussalam...
salam ukhwah dari kami di:
http://www.dokumenpemudatqn.com/

December 11, 2012 at 1:08 AM

@Belajar Memahami Diri Sendiri Terimakasih dan terimakasih pula atas kunjungan sobat. Dengan senang hati kami akan segera meng-ubdate tentang budaya Aceh. Semoga bermanfaat.
P

Post a Comment

 
Copyright © 2013. Nanggroe Aceh - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger
DMCA.com