Jangan jadikan COPAS (Copy-Paste) sebagai budaya ! ! !
Pin It

Makam Cut Meutia Tidak Terurus Namun Nyaman Dan Bersih

8comments

Makam Cut Meutia Tidak Terurus Namun Nyaman Dan Bersih
Nanggroe Aceh - Cut Meutia, seorang perempuan perkasa yang menorehkan jasa kepahlawanannya bersama dengan pahlawan-pahlawan Aceh lainnya yang telah syahid dalam membela harkat dan martabat bangsa Aceh. Jasad Cut Meutia sekarang terbaring di hutan belantara kawasan Gunong Lipeh yang diapit oleh tiga kecamatan yaitu Kecamatan Matangkuli, Kecamatan Paya Bakong dan Kecamatan Cot Girek, Aceh Utara. Cut Meutia gugur sebagai pahlawan dalam pengepungan pasukan khusus kerajaan Belanda: Pasukan Marsose, di hutan Lhok Reuhat, Mukim Alue Drien atau kawasan Krueng Peutoe bekas kewedanan Lhoksukon pada 25 Oktober 1910 bersama dengan rekannya Tgk Chik Paya Bakong.

Tidak ada yang mau menziarai makam Cut Meutia karena berbagai macam faktor. Pertama: faktor lokasi makam Cut Meutia yang jauh kepedalaman Aceh Utara. Kedua: Jalan menuju ke lokasi makam juga tidak memadai. Ketiga: Karena makam berada dalam hutan banyak binatang buas yang berkeliaran.  Atas dasar faktor-faktor inilah makamnya tidak terurus layaknya makam seorang pahlawan yang telah mengorbankan seluruh hayatnya untuk Aceh ini. Bahkan masyarakat hanya tahu tentang Cut Meutia melalui buku-buku Sejarah dan kemudian terlupakan begitu saja.

Makam Cut Meutia Tidak Terurus Namun Nyaman Dan Bersih

Cut Meutia, Cut Nyak Dhien, Laksamana Keumala Hayati dan lainnya tidak mengharapkan apa-apa untuk mereka sendiri. Namun kita sebagai anak cucu bangsa Aceh ini tentu harus tahu diri atas apa yang telah mereka lakukan untuk kelangsungan hidup generasi bangsanya. Cut Meutia pada tahun 1974 dalam SK presiden RI menobatkan sebagai pahlawan nasional. Namun, pemerintah RI memang pemerintah yang buta dan tidak ahu diri. Harta Aceh Utara begitu melimpah dengan sumber gas alamnya (PT Arun) namun uang dari hasil alam yang melimpah ini tidak cukup untuk memugar makam seorang perempuan mulia ini. Sekarang salah satu simbol sejarah Aceh ini senyap dan sunyi dari riuh orang-orang yang datang mengunjungi. Tapi meskipun demikian, makam Cut Meutia tidak terurus namun nyaman dan bersih.
Share this article :

+ comments + 8 comments

June 24, 2014 at 8:32 PM

saya brrasl dari kecamatan cot girek,
perjalan ke makam cut nyak memang bukan hal yg mudah,5jam baru sampai,menelusuri sungai dan bukit,rombongan kami ada yg tergelincir krna bebatuan yg licin saat menelusuri sungai,

Anonymous
December 13, 2014 at 10:13 PM

Igin berziarah kemakam cut mutia ,mudah -mudahan pemerintah aceh mau membuat jalan menuju makam cut mutia

October 31, 2015 at 2:41 PM

Walau hana yang uroh makan cute mutia,kamu laksemana perempuan,pertama di dunia,,,

October 31, 2015 at 2:44 PM

Walau hana yang uroh,kamu seorang laksemana perempuan pertama di dunia,,dunia mengenang mu,CUT MUTIA

March 6, 2016 at 1:28 PM

Cut meutia pejuang aceh..
Kon laksamana prmpuan prtama..
Nyan laksamana keumala hayati

June 1, 2016 at 9:29 AM

Cukop weuh teuh lage nyo.. kiban man tapeugot lom han abeh ta pike le...
krit that pemerintah.. hana tingat jasa gop...

talbin
October 24, 2016 at 10:35 PM

dilon tiep thon na lon langkah bak makam cut mutia..




December 22, 2016 at 12:46 AM

Agar pemerintah Aceh Utara segera perbaiki jalan menuju ke makam pahlawan Aceh Cut Meutia ; segera laksanakan dengan baik. Tks

Post a Comment

 
Copyright © 2013. Nanggroe Aceh - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger
DMCA.com