Jangan jadikan COPAS (Copy-Paste) sebagai budaya ! ! !
Pin It

Sejarah Perang Aceh Melawan Pasukan Elit

16comments

Pasukan Marsose
Nanggroe Aceh - Meskipun kondisi aceh sekarang tengah terseok-seok dalam kondisi politiknya dan juga kondisi perekonomian masyarakatnya yang mengkhawatirkan. Namun, di masa silam Aceh telah mencatatkan sejarahnya yang gemilang di dunia internasional. Jika mendengar dan membaca sejarah Aceh seakan-akan orang kurang percaya dengan kondisi Aceh yang sekarang. Apalagi situs-situs sejarah yang melegenda itu hampir tidak bisa dijumpai, terutama istana Kerajaan Aceh, naskah-naskah kuno, benteng-benteng pertahanan, dan makam raja-raja serta ulama-ulama Aceh yang dijarah serta tidak terawat. Akan tetapi sejarah telah membuktikan dari sekian situs sejarah yang masih tersisa Aceh memang negeri kuat di masanya. Sejarah yang masih diingat orang Aceh hingga sekarang adalah sejarah perang Aceh melawan pasukan elit Belanda (pasukan Marsose). Perang ini pada tahun awal 1873 hingga awal abad ke-20. Korban pun berjatuhan dan pasukan Belanda menderita kerugian yang teramat sangat parah serta kekurangan pasukan karena tewas di medan tempur. Namun Aceh belum juga bisa dikuasai. hingga akhirnya Belanda membentuk pasukan khusus yang dinamai dengan Pasukan Marsose (het korps marechaussee). 

Pasukan ini memiliki serdadu-serdadu yang memiliki keberanian, semangat tempur tinggi, serta mampu melacak keberadaan para pejuang Aceh dan menumpas habis pasukan Aceh beserta masyarakatnya. Tindakan Belanda dengan membentuk pasukan khusus ini berhasil, mereka bisa memukul mundur pejuang Aceh, menangkap panglima perang Aceh, dan bahkan Teuku Umar syahid ditangan pasukan Marsose ini, sementara panglima pejuang Aceh lainnya dibuang keluar daerah. Melihat prestasi yang sedemikian gemilang, Belanda berfikir bahwa Aceh beserta orang Aceh telah takluk pada Belanda dan pejuang-pejuangnya dengan suka rela menyerahkan diri. Namun, perkiraan mereka jauh dari perkiraan, perlawanan masyarakat Aceh semakin membara. Akibat berbagai macam kekerasan, masyarakat Aceh telah menaruh rasa benci yang sangat mendalam bagi orang Aceh dan pejuang-pejuang yang masih tersisa. Anak-anak yatim dan janda-janda yang ditinggal syahid suaminya ikut mengangkat senjata melawan keganasan Belanda walau harus berhadapan dengan pasukan marsose sekalipun. 

Dengan rasa nekad dan semangat perang sabil masyarakat Aceh berjanji akan membunuh semua Belanda, tidak peduli apakah itu pasukan Belanda, orang dewasa, lelaki, perempuan dan anak-anak semua akan dihabisi dimana saja mereka berada. Janji ini bukan isapan jempol belaka, pejuang Aceh beserta seluruh komponen masyarakat Aceh mengangkat rencong setinggi-tingginya. Pasukan Belanda dibuat kalang kabut dan menderita kekalahan mental yang sangat berat. Belanda tidak habis pikir, bagaimana hanya dengan satu orang Aceh saja bisa membunuh delapan orang pasukan Belada hanya dengan menggunakan rencong. Dari peristiwa inilah timbul sebutan Belanda untuk orang Aceh yaitu "Atjeh Moorden-Atjeh Pungo" (Aceh Gila). Perang khas Aceh atau perang gila ala masyarakat Aceh ini telah menewaskan beberapa Panglima Perang Marsose dan Panglima Tinggi Belanda. Bahkan, anak-anak Belanda yang sedang bermain-main ditaman pun menjadi korban ke-gila-an orang Aceh. 

Itulah sejarah perang Aceh melawan pasukan elit Belanda hingga semua Belanda sampai titik darah penghabisan. Jika perang sabil atau prang kaphe-kafir dalam sebutan masyarakat Aceh, darah yang cinta damai pun bisa berubah seketika menjadi pembunuh berdarah dingin. Akibatnya Belanda dengan perasaan sedih dan galau harus meninggalkan tanah Aceh untuk selama-lamanya sebelum Indonesia merdeka. Walaupun Belanda kembali di daratan Jawa, tapi di Aceh nyali Belanda telah ciut, jangankan menambat kapalnya di dermaga melewati laut Aceh pun mereka tak berani.



 
Share this article :

+ comments + 16 comments

April 28, 2013 at 9:10 PM

Subhanallah...... Semoga semangat aceh terwariskan jonathan generasi ke generasi......

April 30, 2013 at 8:59 PM

@Agusriyadi hpaiAmin Ya Rabbal `Alamin. Generasi muda Aceh terus bangkit membenahi Aceh kearah yang lebih maju. Insya Allah.

May 17, 2013 at 9:36 AM

aminnnn

Anonymous
June 11, 2013 at 1:56 AM

Dari dulu sudah sangat terkenal tentang PUNGO nya orang Aceh, dari dulu juga sudah terkenal tentang kecantikan perempuan aceh maka dari itu dikolaborasikan lah kecantikan tersebut dengan kebodohan/kegilaan masyarakat Aceh sehingga sekarang banyak muda mudi/masyarakat Aceh bahkan pemimpin pemimpin di Aceh melakukan perbuatan perbuatan mesum dan perbuatan perbuatan yang melanggar syariat Islam sehingga menimbulkan anggapan bahwa masyarakat di Aceh adalah orang orang munafik yang menampik bahwa diri mereka adalah manusia yang masih memiliki nafsu dan keinginan tapi membuat aturan syariat islam yang akhirnya orang orang tahu bahwa aturan tersebut ternyata SEMU

June 12, 2013 at 10:53 AM

@AnonymousSaya sangat setuju dengan pendapat sdr kita ini. Saatnya muda-mudi Aceh untuk kembali ke jati diri kita yang asli.

erik
July 3, 2013 at 9:38 AM

ah sayang sekali beraninya cuma anonymous

July 6, 2013 at 1:07 AM

@hdy ajjadech Anak-anak muda Aceh harus mewarisi semangat para pendahulunya. Amiiiiin....

July 6, 2013 at 1:10 AM

@erikHehehe... mungkin dengan anonymous terihat lebih keren,,, tapi tak apalah dia telah mengemukakan sesuatu yang tepat dan relevan.

February 10, 2014 at 7:20 AM

artikel yang menarik rakan... bereh that jeut keu sumber referensi...

February 24, 2014 at 1:42 AM

@fadila aTeurimong Geunaseh rakan, untuk informasi paling update tentang Aceh dan juga sejarah Aceh, rakan bisa kunjungi fanpage kami di Pecinta Nanggroe Aceh

March 24, 2014 at 11:05 AM

semoga warga Aceh terus seperti itu
tidak mau tunduk kepada siapa pun
dan tidak pantang menyerah sebelu mencapai kemenangan

May 2, 2014 at 8:04 AM

Smoga /mdhn nanggroe sperti dl kl..".amiiin

May 2, 2014 at 8:17 AM

Smoga/mdhn kejayaan Aceh dl kmbl sperti dl kala.amiiin

Anonymous
November 21, 2014 at 7:50 PM

Pakah aceh akn kmbli jaya n masyrkat hidup makmur di tgn pemuda2 aceh yg kini hidup di ombang2 ambing pergaulan modern n bebas? Hidup di tengah2 politik elit yg dibuai jabatan n brgelimang uang dr pusat???

Anonymous
November 21, 2014 at 7:57 PM

Pakah aceh kn kmbali brjya d tengah khdpan modern? Masyrkt hidup makmur di tgan pemimpin2 muda yg dbuai prgaulan bebas??
Pkh aceh kmbli mnjd cahaya n inspirai negri ini yg carut marut tercerabut identitas kearifan lokal akbat ulah pjbat2 rakus kuasa n kursi n uang???

Anonymous
August 13, 2016 at 9:49 PM

aceh bangsa yg besar,,,, tp jgn coreng aceh dengan prilaku maksiat!! jam 1 malam masih banyak perempuan2 aceh berkeliaran di kota,,,, ngapain tuh? apa lagi jual diri? sy lihat sgat byk muda mudi di aceh berkumpul di salah satu hotel tempat sy menginap berhura2 dan sangat asusila!!! jgn nodai aceh dengan zina dan perzinahan!!! sewaktu sy di sabang sangat mudah jumpai praktek mesum, tarif sesuai dengan paras... benar2 masyarkat aceh parah membiarkan ini terjadi

Post a Comment

 
Copyright © 2013. Nanggroe Aceh - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger
DMCA.com