Jangan jadikan COPAS (Copy-Paste) sebagai budaya ! ! !
Pin It

Budaya Aceh, Kerawang Gayo Menjadi Trend Etnik Paling Diminati

0 comments

Budaya Aceh, Kerawang Gayo Menjadi Trend Etnik Paling Diminati
Nanggroe AcehSetiap adat dan budaya suatu suku bangsa pasti memiliki simbol yang melambangkan keteguhan prinsip, kehidupan sosial, agama dan juga melambangkan adat istiadat serta budaya bangsa tersebut. Begitu pula dengan Kerawang Gayo yang merupakan sebuah simbol kemegahan masyarakat Gayo yang melambangkan prinsip, agama, adat istiadat, kehidupan sosial dan budaya. Hingga kini masyarakat Gayo masih melestarikan kerawang ini meskipun sebagian besar masyarakat yang lain tidak begitu mempedulikannya. Hal ini juga tidak terlepas dari pemahaman pemerintah Kabupaten Aceh Tengah yang kurang terhadap Kerawang ini sendiri. Padahal jika pemerintah dan masyarakat Gayo peduli dengan warisan indatu orang Gayo ini, maka Kerawang akan terkenal layaknya batik Jawa yang mendunia.

Awalnya kerawang bukanlah seperti yang kita kenal sekarang, Kerawang dulunya merupakan ukiran pada rumah Adat Gayo atau Pitu Ruang. Motif ukiran pada kayu inilah yang kemudian menginspirasi ahli seni Gayo untuk membuatnya di sebidang kain dengan cara ditenun, bahkan bukan hanya di kain saja Kerawang yang memiliki corak yang khas dan sarat dengan unsur etnik yang kental telah menghiasi segala macam kerajinan khas tanah Gayo. Seperti; tas, pakaian, aksessoris, hiasan dinding, dan lain sebagainya. Bordir Kerawang Gayo ini memiliki corak yang khas, dimana mempunyai makna filosofi yang dalam dari setiap ukiran dan bentuknya. Meskipun saat ini Kerawang Gayo mengalami banyak pengembangan dan perubahan pada coraknya. Hal ini didasari oleh inspirasi pengrajin Kerawang ini sendiri yang ingin menampilkan Kerawang Gayo yang lebih dinamis dan menarik perhatian banyak orang, tidak lagi kaku seperti Kerawang yang dulu tapi tidak melepas unsur terpenting dari kerawang ini sendiri yaitu unsur filosofisnya.

Kerawang Gayo menjadi trend etnik paling diminati sekarang dan telah banyak menarik wisatawan baik lokal, luar daerah, dan mancanegara. Kerawang Gayo ini tidak hanya dipromosikan di tanah Gayo saja, akan tetapi di seluruh Aceh dan Indonesia tentunya. Untuk kegiatan masyarakat Gayo sendiri kerawang dipakai saat mengadakan kegiatan, seperti pernikahan, sunatan, hingga acara-acara resmi pemerintah.

Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2013. Nanggroe Aceh - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger
DMCA.com