Jangan jadikan COPAS (Copy-Paste) sebagai budaya ! ! !
Pin It

Aneka Wisata Kuliner Khas Aceh Yang Unik

7comments

Aneka Wisata Kuliner Khas Aceh Yang Unik
Nanggroe Aceh - Berbicara tentang Aceh tentu tidak terlepas dari wisata kulinernya yang unik selain sejuta pesona alamnya yang menawan serta sejarahnya yang mengkilau. Jika Anda bepergian ke Aceh sepertinya belum lengkap kalau belum mencicipi aneka wisata kuliner khas Aceh yang unik. Inilah daftar menu kuliner Aceh yang sangat digemari wisatawan, terutama wisatawan asing,:



 

Ayam Tsunami/Ayam Tangkap


Ayam Tsunami/Ayam Tangkap

Memang dari namanya saja Ayam Tsunami/Ayam Tangkap sudah membuat penasaran, masakan ini diracik dari ayam yang berbumbu dengan rempah-rempah asli Aceh yang menggugah selera, serta berpenampilan yang mengingatkan kita akan musibah tsunami yang meluluh-lantakkan Aceh. Sekarang, lidah mana yang ingin meluluh-lantakkan ayam tsunami? Anda bisa menemukan masakan ini diseluruh kota Banda Aceh.

Sate Matang


Sate Matang

Sate Matang ini berasal dari kota Matang Geulumpang Dua Kab. Bireuen, kemudian mewabah keseluruh Aceh karena rasa sate yang dihidangkan dengan soto khas Aceh ini sungguh membuat air liur menetes. Anda bisa menemukan sate matang ini dimana saja di Aceh, jika Anda berada di kota Banda Aceh bisa ke Darussalam atau Lamnyong. 

Mie Aceh


Mie Aceh

Siapa yang tidak kenal dengan masakan yang satu ini? Mie Aceh yang telah diracik dengan rempah-rempah khusus ini dan dilengkapi dengan udang membuat harumnya sungguh ingin mencicipinya segera. Spaghetti Italia akan kalah dengan mie ini. Anda bisa menemukan mie khas Aceh ini diseluruh Aceh.

Bolu Manis Aceh


Bolu Manis Aceh

Bolu manis Aceh yang harum dan rasanya manis ini sangat nikmat jika ditemani dengan segelas kopi hitam atau teh tarek. Anda bisa menemukannya di kafe-kafe di kota Banda Aceh dan juga seluruh Aceh.

Gulai Kari Kambing/Sapi


Gulai Kari Kambing/Sapi

Kalau masakan ini telah menjadi favorit masyarakat Aceh sejak dahulu kala dan juga telah menjadi menu utama di seluruh restoran di Aceh dan menu masakan adat pada pesta-pesta di Aceh. Gulai kari kambing/sapi diracik dengan rempah-rempah alami Aceh yang di kari dengan kambing atau sapi dan memiliki rasa yang agak pedas dan pedas. Anda bisa menemukan masakan ini diseluruh restoran di Aceh. 

Sayur Pliek U


Sayur Pliek U

Sayur pliek U adalah masakan yang paling khas dan hanya ada di Aceh. Masakan ini dibumbui dengan rempah-rempah yang komplit serta aneka sayuran di dalamnya. Namun rempah pokoknya adalah pliek U yang dibuat dari parutan kelapa yang telah difermentasi. Penasaran? Silahkan menuju restoran terdekat atau meminta kerabat Anda yang orang Aceh untuk membuatnya untuk Anda. Karena setiap perempuan paruh baya di Aceh sangat lihai dalam urusan memasak sayur pliek U ini. 

Kuah Masam Keu`eung


Kuah Masam Keu`eung

Kuah masam keu`eung ini hampir sama dengan kuliner Thailand yang sering disebut dengan tom yam. Biasanya kuah ini berbahankan belimbing dan rempah-rempah khusus dan disertai dengan ikan bandeng atau tongkol namun banyak juga yang berbahankan udang. Harumnya sungguh menggugah selera dan setiap orang di Aceh akan dengan senang hati membuatnya. 

Itulah aneka wisata kuliner khas Aceh yang unik dan tidak akan pernah ditemukan di daerah lain selain di Aceh, kecuali ada orang Aceh yang memasaknya di restoran-restoran masakan Aceh di daerah lain. Untuk mendapatkan cita rasa asli dan alami, silahkan ke Aceh dan Anda akan menemukan kuliner-kuliner lainnya yang belum disebutkan. Tapi Anda bisa klik DISINI.
Share this article :

+ comments + 7 comments

March 28, 2013 at 2:52 AM

semuanya enak2 ya...?

March 29, 2013 at 7:50 AM

@teknik_mesin 011Yang paling enak yang mana ni..???

April 18, 2013 at 1:51 AM

artikel dan foto-fotonya keren keren boss.. Terimakasih infonya

April 18, 2013 at 3:18 AM

@Bromo TravellingTerimakasih juga telah berkunjung.

Anonymous
June 16, 2014 at 6:37 PM

Tanaman/pohon salam kari aceh adalah bumbu rahasia untuk membuat kari jadi berasa istimewa di lidah. Sekarang anda dapat memiliki tanaman rahasia ini. Silakan hubungi kami chasiapro@gmail.com atau 082136712513 @Trims Prabowo Jogja

November 3, 2015 at 7:35 PM

Wah enak-enak makanan di Aceh.. semoga wisata kuliner dan budaya di Indonesia makin maju

November 3, 2016 at 9:06 PM

enak ya

Post a Comment

 
Copyright © 2013. Nanggroe Aceh - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger
DMCA.com