Jangan jadikan COPAS (Copy-Paste) sebagai budaya ! ! !
Pin It

Ratusan Naskah Kuno Aceh Dibiarkan Telantar

0 comments

Naskah Kuno
Nanggroe Aceh - Naskah kuno adalah dokumen-dokumen yang ditulis dengan tangan dalam bentuk gulungan kertas atau buku dan media-media lain yang memungkinkan untuk menulis pada jaman manusia belum mengenal mesin cetakan atau teknologi. Naskah-naskah ini biasanya berisi tentang catatan sejarah, hukum, dan berbagai perihal budaya lainnya dan ini semua tidak akan bertahan lama jika tidak disimpan ditempat yang memadai karena bisa dimakan rayap atau rapuh karena serangan cuaca. Nah, di Aceh ada ratusan naskah kuno yang terancam punah karena tidak mendapat perhatian dari pemerintah Aceh, padahal ratusan naskah ini berisi tentang ilmu fiqh, medis dan berbagai bentuk kearifan lokal lainnya.

Ratusan naskah kuno Aceh ini disimpan oleh seorang kolektor yang telah mengoleksi naskah-naskah ini sejak 16 tahun silam dan disimpan dibeberapa tempat di Aceh. Dia menjelaskan bahwa puluhan naskah kuno lainnya telah hilang dalam peristiwa tsunami pada 2004 silam dan naskah-naskah yang masih selamat hingga sekarang dalam kondisi yang mengenaskan karena tidak ada tempat yang layak untuk disimpan. Selanjutnya dia menjelaskan bahwa tempat untuk menyimpan naskah-naskah kuno ini harus memenuhi standar tempat penyimpanan, seperti tempat anti api, terlindungi dari panas terik matahari serta kelembapannya terjaga. Sekarang ia telah mendigitalisasikan 21 naskah dan membangun gedung pamer yang akan siap pada tahun ini. 

Naskah Kuno Aceh

Naskah kuno yang telah berusia 300 tahun ini rata-rata diperoleh dari kawasan Pidie, Aceh Besar dan Aceh Utara. Dan koleksinya itu telah menjadi rujukan peneliti-peneliti dari luar negeri dan dalam negeri. Jadi, apa sebenarnya yang ditunggu oleh pemerintah Aceh? Apa menunggu penyesalan atau malah menghilangkan jejak peradaban Aceh untuk selamanya. Seperti generasi muda Aceh sekarang yang hanya bisa membaca atau mendengar kemegahan Aceh tapi bukti sejarahnya pudar, tidak ada atau bahkan telah hilang sama sekali.

Baca juga: Inilah Pesan-Pesan Indatu (Nenek Moyang) Orang Aceh.
nilah Pesan-Pesan Indatu (Nenek Moyang) Orang Aceh
- See more at: http://atjehliterature.blogspot.com/#sthash.l4P3JKDy.dpuf
- See more at: http://atjehliterature.blogspot.com/#sthash.l4P3JKDy.dpuf
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2013. Nanggroe Aceh - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger
DMCA.com