Jangan jadikan COPAS (Copy-Paste) sebagai budaya ! ! !
Pin It

Misteri Hantu Geunteut di Negeri Serambi Mekkah

13comments

Misteri Hantu
Nanggroe Aceh - Hantu, mendengar namanya saja sudah membuat semua orang berdiri bulu kuduk. Apalagi ketika hantu itu menampakkan dirinya di depan mata kita, dapat dibayangkan apa yang akan terjadi pada diri kita ketika itu. Namun terkadang ada orang yang menganggap hantu itu adalah suatu hal yang lucu dan tidak perlu untuk ditakuti. Mungkin ada benarnya juga, supaya kita bisa lebih leluasa pergi kemana saja tanpa memikirkan masalah hantu. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa hantu itu tidak lucu sama sekali, silahkan Anda search di mesin pencari dan Anda akan menemukan wujud hantu yang lebih mengerikan dari yang Anda bayangkan.  Memang harus kita akui bahwa orang Indonesia sangat tertarik dengan hantu, bahkan hantu menjadi selebriti dengan jam tayang yang tinggi. Maka tidak heran jika hantu itu menjadi salah satu makhluk Tuhan yang paling narsis.

Hal ini tidak jauh berbeda dengan daerah Serambi Mekkah (Aceh), misteri hantu telah berpuluh-puluh tahun dijadikan rumusan agar anak kecil patuh kepada orang tuanya. Biasanya di Aceh kalau di daerah perkampungan anak-anak pergi mengaji ke dayah (pondok pengajian) dimalam hari, sebelum mereka berangkat ke dayah orang tua akan memberikan nasehat kepada anaknya dengan mensusupi kata hantu didalamnya. Misalnya, "nak, jangan main-main kemana-kemana pergi terus ke dayah biar tidak dibawa oleh Geunteut begitu juga ketika pulang mengaji." Geunteut, adalah sejenis hantu yang memiliki perawakan kurus tinggi hingga beberapa meter, dengan wujud yang mengerikan dan sanggup berlari secepat angin. Begitu orang tua di Aceh memberikan gambaran hantu itu kepada anak-anaknya, bahkan hantu ini sering menjadi dongeng sebelum tidur. Sehingga hantu ini menjadi hantu yang sangat populer atau menjadi legenda dikalangan anak-anak kecil di Aceh dengan berbagai macam bayangan bentuk dibenak mereka.

Akan tetapi sekarang fenomena hantu ini mulai memudar di Aceh terutama di daerah perkotaan, kebisingan dan keramaian hingga larut malam membuat anak-anak Aceh seakan lupa terhadap geunteut ini. Namun, entah mengapa hantu ini tidak pernah menampakkan wujudnya ketika dia sudah mulai tidak eksis lagi.
Misteri hantu Geunteut ini dengan segala macam reputasinya telah menjadi legenda mantan anak-anak kecil Aceh atau malah  menjadi cibiran anak-anak kecil sekarang. Mungkin suatu saat nanti dia akan bangkit kembali serta menjadi idola bagi orang tua untuk menggosipkan tentangnya kepada anak-anak mereka kembali.

Share this article :

+ comments + 13 comments

October 10, 2012 at 8:42 AM

lucu
hahahah :D

October 10, 2012 at 11:56 PM

asalamualaikum
jangan dongeng pada anak tentang hantu
lebih baik dongeng tentang mujizat Nabi,masa kecilnya dll.

November 3, 2012 at 10:16 AM

@Nura Nuranuraniku

terimakasih sarannya,, just for fun..

November 6, 2012 at 10:32 AM

@rizky theX

hahaha....,,, kek`a dah prnah di dongengin geunteut juga y....!!! jng lupa melestarikan warisan budaya y... :)

December 13, 2012 at 9:38 AM

bek kah dong dikeu rumoh pah mate lampo nteuk jidong le geunteut

December 14, 2012 at 8:24 PM

@evendri Maksudnya jangan berdiri di dpan rumah ketika lampu mati ntar ada Geunteut, ya!!
hehehe...,,, betoi sob! Nama`a juga hantu dia pasti akan mnghampiri kita dikala kita sdang berdiri sendiri dalam gelap. Tidak hanya hantu saja, tapi yang sejenisnya juga akan tiba. Jadi, lindungi diri dengan mengingat Allah, Sang Pencipta.

Anonymous
April 5, 2013 at 11:19 PM

Dulu waktu masi kecil(kanak2) sering diingatkan sm nenek kalau magrib jangan main diluar krn "dicok le geuteut dipeu ek uncong bak kayee".
tapi skrg ga ada lg geunteut yaaa...

April 6, 2013 at 10:32 AM

@AnonymousHehehe...,,, saya juga demikian. Tp skrg ga ada lagi org tua yg mnceritakan kisah itu kembali, dan geunteut pun sdah berubah bntuk mnjadi cafe+WIFi, dan sejenisnya. Akibatnya, anak2 bosan mengaji, dan hal2 buruk lainnya juga terjadi.

May 4, 2013 at 9:57 PM

hahha intinyaaaa hantu geunteut tu senjata ibu2 buatt nakutin anak2

May 7, 2013 at 3:52 PM

@ciepark shinhyeHehehe... lebih tepatnya senjata ibu-ibu mengajarkan anak-anaknya untuk tidak keluyuran malam-malam. Seiring berkembangnya zaman cerita ini telah menjadi "haba jameun" yang tidak pernah terdengar lagi.

Anonymous
May 18, 2013 at 6:53 AM

Almarhum Tgk Beut saya juga pernah bercerita tentang pengalamannya bertemu geunteut dikala magrib dan gerimis :)

May 18, 2013 at 7:19 AM

@Anonymoushehe... cerita juga msh mmbekas di benak sy hingga skrg dan sy tdk prnah menyesalinya. Sdkit tdknya cerita hantu geunteut ini bs mmbuat sy lebih bs mngontrol diri ini.

April 5, 2014 at 4:58 AM

Bek kameu en lee ka meugreb! Nyan jie coek lee geunteut, jie peu ek u coeng pucoek trieng leumiek..

Post a Comment

 
Copyright © 2013. Nanggroe Aceh - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger
DMCA.com