Jangan jadikan COPAS (Copy-Paste) sebagai budaya ! ! !
Pin It

Letak Alamat Mesjid-Mesjid Bersejarah di Aceh

0 comments

Nanggroe Aceh - Peradaban Aceh memang dikenal sangat kental dengan keislamannya yang merupakan pusat peradaban Islam pertama di Asia Tenggara. Sejak itu pula berdiri mesjid-mesjid yang menjadi tempat pusat kegiatan ibadah seluruh masyarakat Aceh. Sejarah Aceh mencatat ada tiga mesjid yang dibangun pada masa Kerajaan Islam Aceh dan sekarang mesjid-mesjid itu masih bisa dinikmati keindahan arsitekturnya serta bentuknya yang indah. Untuk mengunjungi mesjid-mesjid ini Anda tentunya harus tahu letak alamat mesjid-mesjid bersejarah di Aceh ini.

Alamat Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh


Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh


Alamat Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh berada dipusat kota Banda Aceh atau berada di Jln. Mesjid Baiturrahman Kota Banda Aceh. Mesjid ini dibangun pada masa Kerajaan Islam Aceh Darussalam dimasa pemerintahan Sultan Iskandar Muda (1607-1636 M). Mesjid ini pernah dua kali dibakar oleh Belanda namun Pemerintah Kerajaan Belanda membangun mesjid ini kembali dan dipimpin oleh De Brun, seorang arsitek terkenal dari Italia. Mesjid ini kemudian menjadi mesjid paling indah di Asia Tenggara dan memiliki wisatawan terbanyak hingga keseluruh dunia.


Alamat Mesjid Teungku Andjong


Mesjid Teungku Anjong

Alamat Mesjid Teungku Anjong berada di kecamatan Peulanggahan Banda Aceh. Mesjid ini dibangun ketika masa Kerajaan Islam Samudera Pasai. Nama mesjid Teungku Andjong ini diambil berdasarkan nama seorang ulama kharismatik Aceh pada masa itu yang bernama asli Syekh Abu Bakar bin Husein Bafaqih yang berasal dari Hadhramaut, Saudi Arabia. Syekh ini biasa dipanggil oleh masyarakat dengan nama Teungku Andjong atau seorang ulama yang disanjung dan dimuliakan oleh seluruh lapisan masyarakat di Aceh. Sulit untuk menemukan jejak mesjid kuno ini sekarang, namun menurut beberapa sumber mesjid ini terletak di kecamatan Peulanggahan Banda Aceh.

Alamat Mesjid Indrapuri Aceh Besar 


Mesjid Indrapuri Aceh Besar

Alamat Mesjid Indrapuri Aceh Besar berada di Gampong Pekuan Indrapuri, kecamatan Indrapuri, kabupaten Aceh Besar. Mesjid ini dibangun pada masa Kerajaan Islam Aceh Darussalam dimasa Sultan Iskandar Muda. Mesjid Idrapuri ini dibangun diatas kuil hindu di Aceh setelah kerajaan Hindu di Aceh berhasil ditaklukkan oleh Kerajaan Islam dan menghilang selamanya di Aceh. Meskipun beberapa adat budaya hindu masih melekat kuat di Aceh besar namun telah diislamisasi oleh ulama di Aceh. 

Itulah letak alamat mesjid-mesjid bersejarah di Aceh yang dibangun ketika Kerajaan Islam di Aceh. Selain dari mesjid-mesjid ini masih banyak mesjid-mesjid. Untuk melihat artikel sejarah Aceh dengan referensi yang jelas Anda bisa mengunjungi situs terpercaya seperti wikipedia
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2013. Nanggroe Aceh - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger
DMCA.com