Jangan jadikan COPAS (Copy-Paste) sebagai budaya ! ! !
Pin It

Kherkoff Peucut Monumen Tragisnya Perang Aceh

0 comments

Kherkoff Peucut Monumen Tragisnya Perang Aceh
Nanggroe Aceh - Kherkoff Peucut adalah kuburan prajurit Belanda yang tewas dalam Perang Aceh. Kompleks kuburan ini banyak tersebar di wilayah Indonesia. Salah satunya terletak di kota Banda Aceh dan sekarang menjadi objek wisata menarik, khususnya bagi wisatawan mancanegara (terutama wisatawan asal Belanda). Sebagaimana diketahui bahwa Kerajaan Aceh dan rakyatnya sangat gigih melawan Belanda yang memerangi Aceh. Rakyat Aceh mempertahankan Negerinya dengan harta dan nyawa. Perlawanan yang cukup lama mengakibatkan banyak korban di kedua belah pihak dan kuburan prajurit beserta komandan perangnya ini menjadi Kherkoff Peucut monumen tragisnya Perang Aceh.

Bukti sejarah ini dapat ditemukan di pekuburan Belanda Kherkoff ini. Disini dikuburkan kurang lebih 2000 orang serdadu Belanda, dan termasuk di antaranya serdadu Jawa, Batak, Ambon, Madura dan beberapa serdadu suku lainnya yang tergabung dalam Angkatan Bersenjata Hindia-Belanda. yang kuburannya masih dirawat dengan baik. Hingga saat ini Pemerintah Kerajaan Belanda sangat haru dan menghormati warga Banda Aceh yang merawat dengan rapi kuburan tersebut. Mereka tidak habis pikir bahwa bangsa yang dijajah mau merawat makam para penjajahnya. Sementara kuburan-kuburan ulama dibiarkan terlantar begitu saja, bahkan ada ulama-ulama bersejarah yang nisannya ditemukan ditambak-tambak ikan. Ironi.

Kherkoff Peucut Monumen Tragisnya Perang Aceh

Kuburan Kerkhoff Banda Aceh adalah kuburan militer Belanda yang terletak di luar negeri Balanda yang terluas di dunia. Dalam sejarah Belanda, Perang Aceh merupakan perang paling pahit yang melebihi pahitnya pengalaman mereka pada saat Perang Napoleon. Sebaliknya tidak terhitung banyaknya rakyat Aceh yang tewas dalam mempertahankan setiap jengkal tanah airnya yang tidak diketahui dimana kuburnya. Makanya tidak heran jika kuburan Belanda ini disebut dengan Kherkoff Peucut monumen tragisnya Perang Aceh.

Di area ini, juga terdapat makam putra Sultan Iskandar Muda, yaitu Meurah Pupok yang berzina dan dijatuhi hukuman pancung oleh Sultan Iskandar Muda sendiri. (Baca: Ketika Sultan Aceh Memancung Putera Mahkota)

Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2013. Nanggroe Aceh - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger
DMCA.com